Uncategorized

Beasiswa Timur Tengah

Yang mau kuliah ke negeri tauhid/arab saudi gratis…..
Kalo ada famili yang memerlukan dan yang berminat
BISMILLAAHIRRAHMAANIRRAHIIM

Beasiswa Saudi

Dalam rangka kaderisasi ulama, Ma’had I‘dad Al-Aimmah wad Du’at yang berlokasi di Mekkah, di bawah bimbingan Robithoh ‘Alam Islamy, membuka Program Diplom ‘Aam atau Dirosat ‘Ulya selama dua semester (satu tahun). Dengan durasi belajar 5 jam dalam sehari, dimulai dari pukul 07.30 – 12.20 waktu setempat.

Persyaratan:

– Memiliki kemampuan berbahasa arab baik secara lisan maupun tulisan.

– Umur pelamar tidak boleh lebih dari 45 tahun.

– Mengisi formulir resmi (dapat didownload disini).

– Fotocopy ijazah S1 yg sudah dilegalisir, atau scan ijazah asli dan transkrip nilai (jika tidak berbahasa arab harus diterjemahkan oleh penerjemah resmi).

– Scan paspor asli yang masih berlaku.

– 2 Tazkiyah dari tokoh agama atau lembaga/ormas Islam.

– Pas foto 4×6 (4 lembar).

Fasilitas:

– Uang saku bulanan 850 Riyal.

– Asrama dan gedung perkuliahan.
– Makan tiga kali sehari.

– Tiket pesawat PP.

– Haji bersama para tamu undangan Robithoh Alam Islamy.

– Modul kuliah gratis.

Cara Pendaftaran:

Semua berkas dikirimkan ke alamat email: Admin@itimams.net

Tidak ada batas akhir pendaftaran, karena ini adalah program tahunan Robithoh Alam Islamy. Semua berkas yang masuk ke kantor penerimaan Ma’had akan ditampung dan dirapatkan untuk penentuan kelulusan.

Info selengkapnya bisa dilihat disini
Atau kirimkan pertanyaan ke alamat email:info@itimams.net

Lowongan beasiswa

Barangkali ada temen atau saudara yg lagi mencari beasiswa..

Beasiswa S1 di Universitas Ummulqura Mekkah, Arab Saudi https://t.co/dJtbaA8Asz

Beasiswa S2 dan S3 di Universitas Qassim, Arab Saudi https://t.co/ewZplhxdo8

Buruan, Beasiswa di King Abdul Aziz University 2016/2017 https://t.co/UGtKM6Mnvn

Tentang Beasiswa Pascasarjana (S2 dan S3) di KAUST Jeddah, Arab Saudi http://dlvr.it/CjfDRF

Buruan Beasiswa di KAUST Jeddah, Arab Saudi 2016/2017 http://manhajuna.com/buruan-beasiswa-di-kaust-jeddah-arab-saudi-20162017/

Beasiswa Diploma Tinggi Untuk Pengajar Bahasa Arab di Imam University, Riyadh http://dlvr.it/CqkLlk

Buruan, Beasiswa Pascasarjana di King Saud University Riyadh http://dlvr.it/CrbncJ

Beasiswa S2 Studi Islam Oleh Qatar Faculty of Islamic Studies http://dlvr.it/CsXqw1

Beasiswa Ma’had I’dad Aimmah wa Du’at, Mekkah http://dlvr.it/CvWkj3

Nasehat untuk Pasutri

Di Akad Nikah Ghiska dan Mas Aziz, Terdapat nasehet dari penghulu kepada pasutri sebagaimana berikut:

  1. Pasutri harus jujur
  2. Pasutri harus saling terbuka
  3. Pasutri harus saling memahami
  4. Pasutri harus saling sayang
  5. Pasutri harus saling sabar, ada 101 kali perintah sabar dalam AlQuran
  6. Pasutri harus saling ikhlas
  7. Pasutri harus saling mengingatkan tata cara sholat yang baik

Jakarta, Ahad, 22 Mei 2016

MK

Renungan Rezeki

Isilah titik-titik di bawah ini dan mohon dijawab dengan jujur di dalam hati kita masing-masing …

1. Allah menciptakan tertawa dan …..
2. Allah itu mematikan dan …..
3. Allah menciptakan laki-laki dan …..
4. Allah memberikan kekayaan dan …..

Mayoritas kita tentu akan dengan mudah menjawab:
1. Menangis …
2. Menghidupkan …
3. Perempuan …
Tapi bagaimana dengan no.4 …? Apakah Kemiskinan …?

Untuk mengetahui jawabannya, mari kita lihat rangkaian firman Allah dalam Surah An-Najm ayat 43-45, dan 48, sebagai berikut:

ﻭَﺃَﻧَّﻪُ ﻫُﻮَ ﺃَﺿْﺤَﻚَ ﻭَﺃَﺑْﻜَﻰ
“dan Dia-lah yang menjadikan orang tertawa dan menangis.” (QS. An-Najm: 43)

ﻭَﺃَﻧَّﻪُ ﻫُﻮَ ﺃَﻣَﺎﺕَ ﻭَﺃَﺣْﻴَﺎ
“dan Dia-lah yang mematikan dan menghidupkan.” (QS. An-Najm: 44)

ﻭَﺃَﻧَّﻪُ ﺧَﻠَﻖَ ﺍﻟﺰَّﻭْﺟَﻴْﻦِ ﺍﻟﺬَّﻛَﺮَ ﻭَﺍﻟْﺄُﻧﺜَﻰ
“dan Dia-lah yang menciptakan berpasang-pasangan laki-laki dan perempuan. ” (QS. An-Najm: 45)

ﻭَﺃَﻧَّﻪُ ﻫُﻮَ ﺃَﻏْﻨَﻰ ﻭَﺃَﻗْﻨَﻰ
“dan Dia-lah yang memberikan kekayaan dan kecukupan.” (QS. An-Najm: 48)

Ternyata jawaban kita benar hanya pada no. 1-3 … sedangkan jawaban untuk no. 4 keliru.

Jawaban Allah Ta’ala dalam Al-Qur’an bukan Kemiskinan, tapi KECUKUPAN.

Subhanallah..
Sesungguhnya Allah Ta’ala hanya memberi Kekayaan dan Kecukupan kepada hamba-Nya.

Ternyata yang “menciptakan” Kemiskinan adalah diri kita sendiri.
Hal ini bisa karena ketidakadilan ekonomi, kemalasan, bisa juga karena kemiskinan itu kita bentuk di dalam pola pikir kita sendiri.
Itulah hakikatnya, mengapa orang-orang yang senantiasa bersyukur; walaupun hidup pas-pasan ia akan tetap tersenyum dan merasa cukup, bukan merasa miskin.

Jadi, marilah kita bangun rasa keberlimpahan dan kecukupan di dalam hati dan pikiran kita, berhenti mengeluh, berhenti mengatakan rejeki kecil, agar kita menjadi hamba-Nya yg selalu bersyukur.

Selamat menjemput rejeki yang halal, semoga berkah. Aamiin… #Barakallah ^^

~GUSTI ALLAH TIDAK NDESO~

Suatu kali Emha Ainun Nadjib ditodong dengan pertanyaan beruntun.

“Cak Nun,” kata sang penanya, “misalnya pada waktu bersamaan, tiba-tiba sampeyan menghadapi tiga pilihan, yang harus dipilih salah satu:
1. Pergi ke masjid untuk shalat Jumat.
2. Mengantar pacar berenang.
3. Atau mengantar tukang becak miskin ke rumah sakit akibat tabrak lari.
Mana yang sampeyan pilih?”

Cak Nun menjawab lantang, “Ya nolong orang kecelakaan…!!”

“Tapi sampeyan kan dosa karena tidak
sembahyang?” kejar si penanya.

“Ah, mosok Allah ndeso gitu,” jawab Cak Nun.

“Kalau saya memilih shalat Jumat, itu namanya mau masuk surga tidak ngajak-ngajak, ” katanya lagi.

“Dan lagi belum tentu Tuhan memasukkan ke surga orang yang memperlakukan sembahyang sebagai credit point pribadi. Bagi kita yang menjumpai orang yang saat itu juga harus ditolong, Tuhan tidak berada di mesjid, melainkan pada diri orang yang kecelakaan itu.”

“Kata Tuhan: Kalau engkau menolong orang sakit, Aku-lah yang sakit itu. Kalau engkau menegur orang yang kesepian, Aku-lah yang kesepian itu. Kalau engkau memberi makan orang kelaparan, Aku-lah yang kelaparan itu.”

“Kriteria kesalehan seseorang tidak hanya diukur lewat shalatnya. Shalat memang wajib tapi untuk Allah (tidak dipamerkan kepada orang lain).”

“Tolok ukur kesalehan hakikatnya adalah output sosialnya: kasih sayang sosial, sikap demokratis, cinta kasih, kemesraan dengan orang lain, memberi, membantu sesama. Idealnya, orang beragama itu seharusnya memang mesti shalat, ikut misa, atau ikut kebaktian, tetapi juga tidak korupsi dan memiliki perilaku yang santun dan berkasih sayang.”

“Agama adalah akhlak. Agama adalah perilaku. Agama adalah sikap. Agama mengajarkan pada kesantunan, belas kasih, dan cinta kasih sesama. Bila kita cuma puasa, shalat, baca al-Quran, pergi
ke kebaktian, ikut misa, datang ke pura. Menurut saya, kita belum layak disebut orang yang beragama. Tetapi, bila saat bersamaan kita tidak mencuri uang negara, menyantuni fakir miskin, memberi makan anak-anak terlantar, hidup bersih, maka itulah orang beragama.”

“Ukuran keberagamaan seseorang sesungguhnya bukan hanya dari kesalehan personalnya, melainkan juga kesalehan sosial.”

“Orang beragama adalah orang yang bisa menggembirakan tetangganya. Orang beragama ialah orang yang menghormati orang lain, meski beda agama. Orang yang punya solidaritas dan keprihatinan sosial pada kaum mustadh’afin (kaum tertindas). Juga tidak korupsi dan tidak mengambil yang bukan haknya.”

“Karena itu, orang beragama mestinya memunculkan sikap dan jiwa sosial tinggi. Bukan orang-orang yang meratakan dahinya ke lantai masjid, sementara beberapa meter darinya, orang-orang miskin meronta kelaparan!” (Emha Ainun Najib).

Santri vs Polisi…

Santri vs Polisi…
Pada suatu hari seorang santri yang agak nakal melanggar keluar area pesantren tampa idzin pengurus pesantren, jalan-jalan naik sepeda motor milik temannya, pas tengah jalan ada oprasi razia lalu lintas.
POLISI: priiiit !! Maaf kepinggir mas !.
SANTRI: iyaa pak.
POLISI: maaf, coba tunjukan STNK dan SIM.
SANTRI: maaf pak STNK sy ketinggalan di pondok pak, dan sim sy gak punya, kalo kartu santri ada pak?
POLISI: ya sudah berarti anda sy tilang !.
SANTRI: maaf pak, ini motor pinjam sama teman pak, damai aja pak !
POLISI: yaa sudah ada uang berapa?.
SANTRI: pak sy gak punya uang, gimana kalo rokok aja pak?
POLISI: yaa sudah sy minta rokok Dji Samsu.
SANTRI: siap pak, sy mau ke warung sebrang jalan dulu.
Akhir ny si santri pergi ke warung, motornya di jagain polisi.
SANTRI: Mass maaf, minta rokok Dji Samsu 3 bungkus mas.
WARUNG: ini mas.
SANTRI: terimakasih mas, uangnya sama pak polisi yng itu ya mas !.
WARUNG: aahh kamu bohong yaa?
SANTRI: masa bohong mas! Lalu si santri teriak sambil memperlihatkan rokok ke polisi,
Paaaaak rokok ini yaa?
POLISI: iyaaaa !
WARUNG: ooh iya sudah, kebetulan
polisi itu sering ngopi disini.
Terus si santri menyerahkan rokok 3 bungkus ke polisi.
POLISI: yaa makasih ya.
SANTRI: sama2 pak. Santri itu terus pergi naik motor sambil berguman dalam hatinya, “sekali kali CICAK boleh dong makan BUAYA…”.
Adegan ini jngn di tiru, kalo nekat tanggung sendiri resikonya ! he he he

Sumber: Group WA

WANITA

Menyambut hari kartini maka kami posting artikel tentang wanita

, W A N I T A’
~~~~~~~ ~~~
• Tahukah engkau ….
Bahwa yang pertama kali tinggal di Masjidil Haram adalah
~~~~~~~~~~
‘W A N I T A’
~~~~~~~~~~
Itulah ibunda kita ‘Siti Hajar’
istri Nabi Ibrahim ‘Alaihis Salam …..

  • Tahukah engkau ….
    Bahwa yang pertama kali beriman kepada Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam adalah
    ~~~~~~~~~~
    ‘W A N I T A’
    ~~~~~~~~~~
    Itulah istri beliau ‘Siti Khadijah’ Radhiyallahu ‘Anha ….
  • Tahukah engkau ….
    Bahwa darah yang pertama kali tumpah di jalan ALLAH Subhanahu wa Ta’ala adalah darah
    ~~~~~~~~~~
    ‘W A N I T A’
    ~~~~~~~~~~
    Itulah darah ‘Syahidah Sumayyah’ ibunya Ammar Bin Yasir …..
  • Tahukah engkau …..
    Allah Subhanahu wa Ta’ala menurunkan Al-Qur’an dan di dalamnya ada Surah bernama
    ~~~~~~~~~~
    ‘W A N I T A’
    ~~~~~~~~~~
    (An-Nisaa’)
    Itulah surah ke 4, dan surah terpanjang ke 4 dalam Al-Qur’an, ada 176 ayat setelah Al-Baqarah 286 ayat ; Al-ARaaf 206 ayat dan Ali Imran 200 ayat.
    Sementara Surah ‘Ar-Rijaal’ (Laki-Laki) tidak kita temukan didalam 114 Surah.
  • Tahukah engkau……
    Nabi Saw bersabda :
    “aku berwasiat pada kalian agar bersikap baiklah terhadap
    ~~~~~~~~~~
    ‘W A N I T A’
    ~~~~~~~~~~
    Itulah kalimat yang beliau ulang2 hingga 3 kali dalam khutbah perpisahan beliau (wada’) sebelum beliau Shalallahu ‘Alaihi Wasallam meninggalkan kita semua selamanya…
  • Tahukah engkau …….
    Nabi Saw bersabda :
    “Siapa yang memiliki
    ~~~~~~~~~~~~
    3 Anak Wanita
    ~~~~~~~~~~~~
    kemudian mendidiknya dan berhasil baik dalam pendidikannya, maka itu akan menjadi pembebas baginya dari Api Neraka”
    Sahabat bertanya :
    “Bagaimana jika hanya 2 Anak Wanita saja wahai Rasulullah?”
    Jawab Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wasallam :
    “2 Anak Wanita pun bisa”
    Kata Sahabat lagi :
    “Bagaimana bila hanya 1 Anak Wanita saja Baginda Rasul?”
    Jawab Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wasallam :
    “1 Anak Wanita pun juga bisa”
  • Tahukah engkau….
    bahwa Surga itu terletak dibawah kaki
    ~~~~~~~~~~
    Ibu (Wanita)
    ~~~~~~~~~~
    “Al-Jannatu Tahtaa aqdaamil Ummahaat :
    “Surga itu berada dibawah telapak kaki Ibu”

Adakah kemuliaan yang melebihi semua ini bagi
~~~~~~~~~~~~~~~
‘W A N I T A’ ?!?!?!
~~~~~~~~~~~~~~~
Katakanlah wahai para wanita : “Alhamdulillahi ‘Alaa Ni’matil Islam”
(Umar Bin Hafizh)

Jadi…..
Jika engkau mengatakan bahwa Islam adalah agama yang tidak memuliakan
~~~~~~~~~~
‘W A N I T A’
~~~~~~~~~~
Maka engkau mengambil sebuah kesimpulan yang ‘Salah Besar’…

“Kecantikan seorang wanita bukanlah dari pakaian yang dikenakannya, bentuk tubuh yang ia tampilkan, atau bagaimana ia menyisir rambutnya.
Kecantikan seorang wanita harus dilihat dari mata hatinya, kerana itulah pintu hatinya, tempat dimana cinta itu ada.”
“CINTANYA TANPA SYARAT”.

Every Woman is Wonderful‍‌‌‌‌‍‍‍‍‌
‍‌‌‌‌‍‍‌‍‍‌‌‌Karena isteri, rezekimu bertambah.
‍‌‌‌‌‍‍‌‍‍‌‌‌Karena isteri, maka lahirlah anak2mu.
‍‌‌‌‌‍‍‌‍‍‌‌‌Karena isteri, makan, pakaianmu dijaga.
‍‌‌‌‌‍‍‌‍‍‌‌‌Karena isteri, tenang hati mu.
‍‌‌‌‌‍‍‌‍‍‌‌‌Karena isteri, lembut pandangan mata mu.
‍‌‌‌‌‍‍‌‍‍‌‌‌Karena isteri adalah satunya manusia yang boleh melihat cacat cela mu yang tersembunyi dari pandangan mata mu dan masih menerima mu seadanya.
‍‌‌‌‌‍‍‌‍‍‌‌‌Janganlah sakiti hati mereka, ingatlah setiap pengorbanan mereka,
‍‌‌‌‌‍‍‌‍‍‌‌‌walaupun kecil di mata mu, baginya besar bagi dirinya.
‍‌‌‌‌‍‍‌‍‍‌‌‌Setiap peluh yang menitik, yang bekerja untuk keluarganya,
‍‌‌‌‌‍‍‌‍‍‌‌‌setiap airmata yang menitis untuk anak-anak dan suaminya adalah salah satu tanda,
‍‌‌‌‌‍‍‌‍‍‌‌‌dia isteri yang terbaik buat anda wahai yang bergelar suami.
‍‌‌‌‌‍‍‌‍‍‌‌‌renungan sepintas lalu. Mengapa WANITA sering menangis?
‍‌‌‌‌‍‍‌‍‍‌‌‌Jawab Allah :
Karena WANITA itu unik.
‍‌‌‌‌‍‍‌‍‍‌‌‌Aku ciptakan ia sebagai makhluk istimewa.
‍‌‌‌‌‍‍‌‍‍‌‌‌KU kuatkan bahunya utk menjaga anak2nya,
‍‌‌‌‌‍‍‌‍‍‌‌‌KU lembutkan hatinya utk memberi rasa aman,
‍‌‌‌‌‍‍‌‍‍‌‌‌KU kuatkan rahimnya utk menyimpan benih manusia,
‍‌‌‌‌‍‍‌‍‍‌‌‌KU teguhkan peribadinya utk terus berjuang saat yg lain
menyerah,
‍‌‌‌‌‍‍‌‍‍‌‌‌KU beri dia naluri utk tetap menyayangi, walau dikhianati oleh teman,
‍‌‌‌‌‍‍‌‍‍‌‌‌walau disakiti oleh orang yg disayangi.
WANITA makhluk kuat.
‍‌‌‌‌‍‍‌‍‍‌‌‌Tapi jika suatu saat dia menangis itu kerana KU beri air mata utk membasuh luka batin & memberi kekuatan baru.
‍‌‌‌‌‍‍‍‍‌‍‌‌‌WANITA sangatlah istimewa……
..Kirimkan kpd WANITA yg kamu sayangi……
‍‌‌‌‌‍‌‍‌‍‌‌‌‌Kirimkan juga kpd lelaki agar mereka menghargai WANITA dan agar tau bahwa WANITA…..ciptaan yg istimewa……..
‍‌‌‌‌‍‍‍‌‍‌‌‌Wajah IBU paling→ cantik
‍‌‌‌‌‍‍‍‌‍‌‌‌Masakan IBU paling→ sedap
‍‌‌‌‌‍‍‍‌‍‌‌‌Kata IBU paling→ beharga.
‍‌‌‌‌‍‍‍‌‍‌‌‌Doa IBU paling→makbul
‍‌‌‌‌‍‍‍‌‍‌‌‌ Restu IBU paling di berkati:
‍‌‌‌‌‍‍‌‍‍‍‌‌‌IBU SANGAT SEMPURNA DI MATA KITA ‍‌‌‌‌‍‍‍‌‌‍‌

Semoga bermanfaat

Sumber: group WA

Kaifa Haalukum?

BAGAIMANA KABARMU?

Menanyakan “Bagaimana kabarmu?” Ternyata Penting dan Berpahala..

Ketika kita bertanya kepada seseorang “Bagaimana kabarmu? Kaifa haaluk?

Sebenarnya tanpa sengaja kita ingin mengajak orang itu untuk beribadah, yaitu mengingat Allah, dengan mengucapkan kalimat
“Alhamdulillah”, dan kita mengajaknya untuk menyadari betapa banyak nikmat yang dikaruniakan Allah, serta mengingatkannya supaya mensyukuri nikmat-nikmat itu.

Khalifah Umar bin Khattab kadang kadang sengaja pergi ke pasar untuk menanyai keadaan orang yang beliau temui.

Di saat orang itu menjawab dan memuji Allah beliau berkata: “Saya hanya ingin mendengarkan kalimat Alhamdulillah itu keluar dari mulutmu”.

Atau dengan kata lain “Aku hanya ingin anda menyadari nikmat Allah dan mensyukurinya”.

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, betapa indahnya Islam, kalimat sapaan pun bernilai ibadah di sisi Allah.

3 Hal

Ada 3 Hal dalam hidup yg tidak akan kembali :
1. Waktu
2. Kata-kata
3. Kesempatan

Ada 3 Hal yg dapat menghancurkan hidup seseorg :
1. Kemarahan
2. Keangkuhan
3. Dendam
Ada 3 Hal yg tidak boleh hilang :
1. Harapan
2. Keikhlasan
3. Kejujuran
Ada 3 Hal yg paling berharga :
1. Kasih Sayang
2. Cinta
3. Kebaikan
Ada 3 Hal dlm hidup yg tidak pernah pasti :
1. Kekayaan
2. Kejayaan
3. Mimpi
Ada 3 Hal yg membentuk watak seseorg :
1. Komitmen
2. Ketulusan
3. Kerja keras
Ada 3 Hal yg membuat kita sukses :
1. Tekad
2. Kemauan
3. Fokus
Ada 3 Hal yg tidak pernah kita tahu :
1. Rezeki
2. Umur �
3. Jodoh
TAPI, ada 3 Hal dalam hidup yg PASTI dan TIDAK DAPAT DIELAKKAN :
1. Tua
2. Sakit
3. Mati

Tabayun

Titip uang bisa jadi kurang,
Titip omongan bisa jadi lebih.

1) Sehabis pulang dari sawah, kerbau rebahan di kandang dgn wajah capek & nafas yg berat. Datanglah anjing. Kerbau lalu berucap:
“Aahh teman lama, aku sungguh capek & besok mau istirahat sehari.”

2) Anjing pergi & jumpa kucing di sudut tembok, & berkata:
“Tadi saya jumpa kerbau, dia besok mau istirahat dulu.
Pantaslah, sebab boss kasih kerjaan terlalu berat sih.”

3) Kucing lalu cerita ke kambing & berkata:
“Kerbau komplain boss kasih kerja terlalu banyak & berat. Besok gak mau kerja lagi.”

4) Kambing jumpa ayam & berucap:
“Kerbau gak suka kerja utk boss lagi, sebab mungkin ada boss lain yg lebih baik.”

5) Ayam jumpa monyet & berkata:
“Kerbau gak akan kerja utk bossnya & ingin cari kerja di tempat yg lain.”

7) Saat makan malam monyet jumpa boss & berkata:
“Boss, si kerbau akhir-2 ini sudah berubah sifatnya & mau meninggalkan boss utk kerja dgn boss lain.”

7) Mendengar ucapan monyet, boss marah besar & membunuh si kerbau karena dinilai telah mengkhianatinya.

  • Ucapan asli kerbau:
    “SAYA SUNGGUH CAPEK, DAN BESOK MAU ISTIRAHAT SEHARI.”

√ Lewat beberapa teman akhirnya ucapan ini sampai ke boss & pernyataan kerbau telah berubah menjadi:
“Si Kerbau akhir-2 ini telah berubah sifatnya & mau meninggalkan boss utk kerja dgn boss lain.”

Sangat baik utk disimak:

# Ada kalanya suatu ucapan harus berhenti (stop) sampai telinga kita saja. Tidak perlu diteruskan ke orang lain.

# Jangan percaya begitu saja apa yg dikatakan orang lain, meskipun itu orang terdekat kita. Kita perlu check & recheck kebenarannya sebelum bertindak.

# Kebiasaan melanjutkan perkataan orang lain dgn kecenderungan menambahi (mengurangi), bahkan menggantinya berdasarkan PERSEPSI SENDIRI bisa berakibat fatal.

# Bila ragu-2 akan ucapan seseorang yg disampaikan via orang lain, sebaiknya kita langsung bertanya pd yg bersangkutan.

Bila ingin menyampaikan sesuatu kpd orang lain, baik juga memakai 3 kriteria yg harus dipenuhi:

Apakah benar
Rujuklah sebuah berita kpd orang yg ahli, jika kita tidak memahami. Apakah layak kita konsumsi kemudian boleh disebarkan.

Apakah baik
Pikirkan isi beritanya. Jika isi & tujuannya baik maka bisa dikonsumsi.

Apakah berguna
Jika informasinya sdh dipastikan kebenarannya, maka hendaknya memikirkan efek atau akibat dari disebarkannya informasi tersebut. Apakah menambah kebaikan dakwah atau merugikannya.

Sedangkan dari sisi objek (penerima informasi), juga perlu memperhatikan kaidah & aturan yg telah digariskan para ahli ilmu.

√ Di antaranya; Jika beritanya menyangkut saudara Muslim, maka Kedepankanlah Husnudzdzan sebelum ada pembuktian sebaliknya, jika datang berita maka carilah sumber lain yg terpercaya berserta bukti-2nya. Dan jika informasi yg disampaikan kpd kita berupa berita yg susah dipahami, maka hendaknya dikembalikan kpd orang yg ahli di bidangnya.

Karena itu, di zaman dimana media sosial menjadi konsumsi banyak orang, maka setiap khabar & informasi harus ada Tabayyun kpd sumber & verifikasi terhadap isinya. Tidak asal sharing atau posting.

“Wahai orang-2 yg beriman, jika ada seorang faasiq datang kpd kalian dgn membawa suatu berita penting, maka tabayyunlah (telitilah dulu), agar jangan sampai kalian menimpakan suatu bahaya pd suatu kaum atas dasar kebodohan, kemudian akhirnya kalian menjadi menyesal atas perlakuan kalian.”
(QS. al-Hujurat: 6).

Mudah2an ini menjadikan kita lebih memahami akan pentingnya kebenaran sebuah berita serta membuat kita lebih berhati2 lagi dlm menyampaikan informasi.

Wallahu a’lam bish shawab…

Semoga Bermanfaat…
yuuk

Diperoleh dari Group WA yang tanpa sumber penulisnya.

Embun Penyejuk

Embun Penyejuk.by ustd qt tcinta: K.H. Hasan Abdullah Sahal (Pimpinan Ponpes Gontor)

1. Kaya itu penting, tapi jangan yang penting kaya; yang penting kaya bisa menghalalkan segala cara. Maka kalau bisa orang itu kaya dan sehat. Sehat itu penting, krn maksiat saja
perlu sehat, apalagi ketaatan dan kebaikan
perlu kesehatan. Berusahalah jadi orang kuat.

2. Hidup itu nikmat dan indah, maka nikmatilah
keindahan hidup. Yang membuat tdk nikmat itu
manusianya. Allah sdh menjadikan semuanya
indah di dunia ini. “Dia-lah yang membuat indah segala sesuatu yang Dia ciptakan” (Qs. [32]: 7)

3. Keindahan dan kenikmatan bagi seorang guru yaitu murid; bagi suami adlh istri; bagi orang
tua adlh anak; bagi pemimpin adlh rakyat, dst.
Ini surga kita: guru pny murid, murid pny guru,
itu surga. Bayangkan murid tdk pny guru, atau
guru tdk pny murid. Dokter tdk pny pasien, pasien tdk pny dokter.

4. Guru bkn sekedar mengajar ilmu, tapi jg
mengajar kehidupan.Kiai yg bener itu ada di pondok 24 jam, 7 hari seminggu, 31 hari sebulan, dst; pesantren tdk boleh jadi sambilan,
mendidik dan mengajar tdk boleh hanya sambilan. Harus totalitas; tenaga, pikiran, hati, dan keikhlasan.

5. Kita syukuri kenikmatan ini, dan kita nikmati
kesyukuran ini. Jangan sampe kenikmatan kita
disyukuri orang lain, atau kesyukuran kita orang
lain yg menikmati. Ramadhan dan Idul Fitri, itu
kesyukuran dan kenikmatan kita, jangan sampe malah orang2 nasrani, yahudi, kapitalis, komunis, dll yg menikmati.

6. Memberi sedekah saat2 sulit itu bagus, mulia. Memberi sedekah saat lapang itu biasa.
Ingat hadis Rasul: “juhdul muqill”, kerja
kerasnya orang yg serba terbatas; maka keterbatasan diri tdk boleh membuat orang tdk berbuat kebaikan.

7. Maka, jangan sampe jadi manusia yg tdk pny prestasi. Berprestasilah, dan harus pny keunggulan. Berprestasilah dlm kebaikan, kemakrufan dan kebenaran.

8. Di pondok ini semangatnya adalah
kebersamaan utk memberi, bukany kebersamaan
utk bagi-bagi. Ingat, dlm berjuang dan berjihad
jgn berpikir dapat apa, berapa, itu sampah2
perjuangan.

9. Di pondok ini kita tanamkan bom, yaitu bom
spiritual, bukan bom kimiawi. Kita didik santri2
ini menjadi bom spiritual, utk mengebom sesuatu yg tdk benar, kemungkaran dan kemunduran.

10. Tiap orang pny aib, tiap lembaga pny kekurangan. Boleh membaca aib orang, tapi jangan membacakannya. Bedakan antara membaca dan membacakan. Suasana sekarang ini semrawut, krn saling membacakan aib orang lain.

11. Ulama yg mempertahankan harga diri dan meninggalkan persatuan umat, menjauhi
ukhuwah Islamiyah, tdk usaha diikuti, itu ulama
palsu. Umat ditinggalkan ulama itu pahit, tapi
lbh pahit lg klo ulama ditinggalkan umat.